Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

10 Cara Mengatasi Rasa Iri

10 Cara Mengatasi Rasa Iri


Rasa iri terutama terhadap mereka yang berbuat curang tetapi meraih keuntungan adalah perasaan yang sangat menyebalkan. Bayangkan saja ada seseorang yang suka berbuat curang, dia menghalalkan segala cara agar temannya yang lebih berhak mendapatkan hasil tersingkir, dan hasil baik diperolehnya sendiri. Dia mendapat pujian atas keberhasilannya kemudian menyombongkan diri. Sedangkan teman yang disingkirkannya jatuh sakit kemudian meninggal karena penyakitnya. Kita yang mengetahui hal tersebut bersimpati kepada teman yang meninggal. Dan perasaan iri kepada orang yang curang tadi sering tak terbendung. Tetapi kami menyadari perasaan iri ini bukanlah hal yang baik. Rasa iri ini menjalar seperti racun yang bisa merusak tubuh. karena itu emapt tahun yang lalu, saat salah seorang teman saya bertanya bagaimana cara menghilangkan rasa iri, saya mencoba menulis beberapa nasehat kepadanya. Tulisan ini adalah pengembangan dari email jawaban terhadap teman saya tersebut.

1. Berhentilah membandingkan keadaan kita dengan keaadaan orang lain. Berhentilah juga membandingkan pencapaian, prestasi, benda-benda yang kita miliki dengan milik oprang lain. Sebab diatas langit masih ada langit yang lebih tinggi. Jadi ada baiknya kita berhenti membanding-bandingkan keadaan kita, ini tidak akan pernah berakhir. Pada akhirnya kita hanya akan merasakan kesedihan.

2. Selalu tingkatkan kemampuan kita, nasib baik akan datang sendiri saat kita kompeten melakukan sesuatu.

3.Berbahagialah selalu. Kebahagiaan tidaklah tergantung dari keaadaan, terapi tergantung dari perasaan kita. Orang yang merasa iri tidak akan bisa berbahagia, maka kita harus berhenti merasa iri.

4.Jangan biarkan perkataan orang lain mempengaruhi perasaan Anda. Hidup Anda tidaklah tergantung pada opini orang lain. Ikuti kata hati Anda sendiri dan berbahagialah.

5. Berpikirlah bahwa Tuhan itu adil. Mungkin ini sulit bagi kita, tetapi hidup ini selalu berputar seperti roda. Kadang-kadang kita akan berada di atas, tetapi kadang-kadang kita akan berada di bawah juga. Maka jangan terlalu berlebihan mengalami keadaan kita saat ini.

6. Nikmatilah pekerjaan yang kita miliki. Juga nikmatilah barang-barang yang sudah kita miliki. Bersyukurlah senantiasa.

7. Selalu kerjakan pekerjaan atau tugas Anda sebaik-baiknya. Lakukan yang terbaik maka Anda juga akan menghasilkan hal-hal yang baik sebagai hasilnya.

8. Lupakan segala sesuatu tentang orang yang membuat kita iri hati. Jika mereka mendapat hasil yang baik walaupun sudah berbuat jahat atau curang, lupakan saja. Mereka akan menerima hukumannya sendiri. Ini bukan hak kita untuk menghakimi mereka.

9. Walau ini sangat menyakitkan, ampuni kesalahan orang yang bersalah

10. Berdoalah kepada Tuhan agar kita mendapatkan kekuatan, ketabahan dalam menghadapi ketidakdilan atau hal-hal buruk lainnya.

Demikian 10 hal yang bisa kita lakukan untuk menghalau rasa iri. Semoga bermanfaat.

0 comments em “10 Cara Mengatasi Rasa Iri”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini