Warung Bebas

Sunday 18 September 2016

Waspada Terhadap Stres

Kata stres tentunya tidak asing bagi kita, stres sering muncul dipikiran kita. Stres merupakan ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental pada diri seseorang. Stres dapat juga menyebabkan kinerja kerja kita menurun. Stres muncul ketika sebuah masalah tidak mencapai titik penyelesaian ataupun adanya sutu halangan atau hambatan yang ingin kita capai. Stres dapat mempunyai dua efek yang berbeda ada yang positif dan negative tergantung individu tersebut.


Stres dapat menyebabkan bahaya-bahaya pada diri kita, mengakibatkan gangguan fisik sehingga menimbulkan ketegangan saraf yang ditandai dengan rasa sakit di leher atau punggung bagian bawah. Pada gangguan psikis menimbulkan kecemasan sehingga memicu sedih berkepanjangan yang mengakibatkan mengacaukan keharmonisan keluarga, karier, dan kehidupan sosial. Dapat memicu penyakit jantung stres berat berkepanjangan menyebabkan penyumbatan di arteri dan memicu serangan jantung. Ada pula angina yaitu stres mental dan fisik yang berkepanjangan dapat memicu rasa nyeri dada yang parah. Ini karena kurangnya oksigen yang mencapai hati. Dapat memicu tekanan darah tinggi menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut seperti stroke.


Sebenarnya stres dapat kita atasi bila ada kemauan dari dalam diri kita sendiri. Adapula cara menangani stress diantaranya, dengan cara tersenyum sehingga tekanan akan berkurang,tersenyum pun dapat membuat umur panjang dan tidak cepat tua. Kemudian bertenang dengan cara  tarik nafas dalam-dalam dan hembuskannya secara perlahan-lahan cara itu membuat pikiran kita tenang. Lalu hiruplah udara segar atau wewangian agar pikiran kita relax dan otot-otot yang tadinya tegang menjadi relax. Dan tidak lupa mengingat allah, allah tidak akan menguji manusia diluar kebatasannya. Apapun yang diuji harus kita hadapi dengan baik dan tidak mudah stres.


Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha menjadi orang yang selalu berpikiran positif agar tidak mudah mengalami stres. Karena stres itu berbahaya sebagai pemicu umur kita pendek, agar umur panjang buanglah pikiran negative dan selalu berfikir positif jika kita sedang mengalami cobaan apapun. Selalu berfikir bahwa itu semua pasti ada jalan keluarnya.
           
       

0 comments em “Waspada Terhadap Stres ”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini