Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

Cara Mengubah Warna Background Pas Photo dengan Photoshop

Beranda›All›Cara Mengubah Warna Background Pas Photo dengan Photoshop                                                                                                                                           

Dengan adanya peraturan yang mengharuskan background photo sesuai dengan ganjil/genapnya tahun lahir, mungkin ada beberapa orang yang sudah terlanjur membuat pas photo dengan background warna yang tidak sesuai. Seperti pengalaman saya ketika mengurus surat pindah kakak saya yang telah berada di Jakarta, file pas photo yang dikirimkan dengan latar belakang biru, sedangkan pihak kepolisian mengharuskan pas photo dengan background warna merah. Daripada kakak saya harus foto ulang dan mengirim file baru lagi, saya berinisiatif untuk mengubah sendiri warna background pas photo tersebut. Setelah saya searching google, saya langsung mengaplikasikannya dan berikut adalah cara yang paling mudah dengan hasil yang paling baik karena tidak ada helai rambut yang hilang/berubah.

1. Buka photoshop

2. Buka gambar pas photo yang ingin diubah warna backgroundnya, contoh dengan background warna biru.

3. Copy layer dengan klik Ctrl+J sebanyak 2 x, sehingga pada kotak layer akan muncul “layer 1” dan “layer 1 copy”

4. klik icon mata pada “layer 1 copy”, kemudian klik “layer 1” dan ubah menjadi hitam putih dengan cara klik ctrl+shift+U

5. Klik ctrl+B untuk menampilkan color balance dan membuat warna menjadi merah. Geser ke red hingga +100. Ulangi cara tersebut hingga 3 x sehingga foto tersebut benar-benar berwarna merah.

6. Aktifkan kembali ”layer 1 copy”, klik magic wand lalu klik pada backround warna biru untuk menyeleksi warna background. Klik pada background photo, dan bila sudah terseleksi, klik kanan dan pilih feather, isi dengan angka 2 dan klik OK.

Lalu pencet tombol delete pada keyboard Anda dan klik sembarang pada gambar untuk meghilangkan tanda seleksi magic wand. Background akan berganti warna menjadi merah

7.Namun pasti masis ada sisa warna biru pada foto anda, untuk menyamarkannya, klik add mask layer,

kemudian klik eraser tool dengan mengisi nilai opacity dan flow 85%. Kemudian sapukan pada warna biru yang masih tersisa hingga berubah merah.  

8.Ini hasil akhirnya.

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan comment. Selamat mencoba :D

0 comments em “Cara Mengubah Warna Background Pas Photo dengan Photoshop”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini