Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

Asyiknya Belajar Fotografi

 Asyiknya Belajar Fotografi

Saat ini bisa dikatakan bahwa fotografi merupakan salah satu hobi yang semakin disukai. Apalagi saat ini berbagai jenis kamera semakin mudah diperoleh dengan beragam harga serta spesifikasi yang ditawarkan. Banyaknya pilihan produk kamera tersebut tentu semakin memudahkan konsumen menentukan pilihan kamera yang akan dibeli. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan atau biaya yang dimiliki.


Namun tidak sedikit orang yang kemudian mengandalkan memotret dengan kamera yang melekat pada perangkat lain. Misalnya pada telepon seluler. Apalagi kualitas gambar yang dihasilkan kamera pada telepon seluler saat ini tidak kalah dengan kamera yang ada. Dan bagi anda yang ingin mendalami atau sedang belajar fotografi maka kamera yang digunakan tidak harus selalu menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR). Karena dalam belajar fotografi yang paling utama bukanlah kecanggihan alat atau kamera yang digunakan. Melainkan karya visual yang mampu dihasilkan. Itulah sebabnya untuk belajar fotografi maka kamera apapun bisa digunakan termasuk diantaranya kamera pada ponsel.


Ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika sedang belajar fotografi, diantaranya yaitu :

Jika ingin mengambil obyek lanskap atau pemandangan alam misalnya pantai, pohon, gunung, bunga dan lainnya maka waktu yang pas untuk memperoleh foto yang menarik adalah saat pagi hari sebelum pukul 09.00 atau pada waktu sore hari.

Untuk sore hari maka momen matahari terbenam (sunset) merupakan salah satu momen favorit untuk diambil. Apalagi jika berada di pantai atau gunung.

Untuk memperoleh komposisi gambar yang variatif maka bisa juga mengambil sudut pandang berbeda saat memotret misalnya dari atas atau bawah.

Ketika akan memotret ekspresi manusia maka arah pemotretan tidak harus dari depan bisa juga dari samping.


Tips tersebut hanyalah beberapa hal yang bisa diterapkan. Namun keberhasilan hasil fotografi anda tentu tidak bisa diperoleh dalam waktu sekejap. Fotografi yang baik tentu membutuhkan proses. Dan yang selalu diingat hasil fotografi terbaik tidak selalu diambil menggunakan kamera termahal atau tercanggih. Kamera apapun bisa digunakan asalkan tepat dalam memperoleh komposisi, pencahayaan yang pas serta pemilihan obyek yang menarik. Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa foto kita bagus? Proses praktik mengambil obyek berkali-kali dan tentu saja selalu menerima masukan dan kritikan dari orang lain. Praktik dan mendengarkan saran adalah langkah terbaik dalam belajar fotografi. Selamat mencoba!


 

0 comments em “ Asyiknya Belajar Fotografi”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini