Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

BIOS

Beranda›Iptek›BIOS

Posting kali saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang BIOS pada brow and sister, BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, disanalah semua setingan hardware sebuah PC berada. Merupakan sistem dasar identifikasi keseluruhan hardware dalam Komputer sehingga hardware dapat dimanfaatkan/diorganisir oleh sistem operasi (Seperti Windows).


Untuk masuk ke setingan/menu BIOS, banyak cara dapat dilakukan (dengan menekan kombinasi tombol keyboard tertentu) tergantung tipe BIOS komputer tersebut. Tipe BIOS biasanya dapat diketahui dari buku manual motherboard/mainboard yang disertakan dalam paket penjualan. Tipe BIOS juga dapat diketahui dengan mudah saat komputer dihidupkan, biasanya logo dan nama BIOS terlihat dilayar


Saat semua setingan BIOS dirasa pas dan optimal, terkadang kita merasa perlu menambahkan password ke dalam BIOS supaya tidak seorangpun dapat mengubah setingan BIOS, apalagi kalau komputer yang kita seting adalah komputer umum yang banyak orang dapat bebas memakainya (misal komputer LAB). Untuk itu BIOS menyediakan menu khusus untuk menambahkan password.


Hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah saat kita LUPA password BIOS komputer tersebut. Otak akan bekerja keras mencari password di setiap sudut kepala kita, karena menurut para ilmuwan saat kita lupa bukan berarti ingatan tentang itu hilang dari kepala kita, tetapi kita hanya tidak tahu di bagian otak mana kita meletakkan memori itu.


Saat semua usaha itu menemui jalan buntu mulut akan berucap “Wadduhh…MATI AKU..”. Hal ini wajar, karena kita sebagai manusia merupakan makhluk yang tidak dapat merekam semua yang terjadi selamanya. Sebagaimana hadits Nabi yang artinya “Manusia adalah tempatnya kesalahan dan kealpaan(lupa)”.


Perlu diketahui bahwa produsen BIOS telah jauh-jauh memikirkan hal ini sebelum BIOS diciptakan. Untuk keperluan itu para produsen BIOS telah menanamkan “MASTER PASSWORD” ke dalam tiap-tiap BIOS mereka. Master password adalah password yang superpower. Master password dapat membuka password BIOS meskipun kita tidak mengetahui password BIOS yang telah di-set sebelumnya. Seperti halnya kombinasi keyboard, master password juga berbeda-beda untuk masing-masing tipe BIOS.


 

0 comments em “BIOS”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini