Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

Apa dan Untuk Apa Email Signature?

Apa dan Untuk Apa Email Signature?

Email signature bisa dikatakan sebagai “tanda tangan” yang dipergunakan pada e-mail. Jika pada surat menyurat yang biasa kita lakukan lewat pos, kita pasti akan membubuhkan tanda tangan dan salam pada akhir surat, bukan? Nah, begitu juga dengan E-mail signature. Fungsinya sama dengan tanda tangan dan salam pada akhir surat, namun di sini bukan surat biasa tetapi E-mail.


Pada dasarnya E-mail Signature dapat diaplikasikan pada hampir semua E-mail client, baik yang gratisan maupun berbayar. Email gratisan misalnya yahoo dan gmail, sedangkan Email client berbayar biasanya merupakan email bawaan dari website dengan hosting yang juga berbayar.Mengapa Email Signature kita perlukan?


Email Signature membuat Email kita terlihat lebih profesional. Ini tentunya diperlukan untuk membangun image bisnis yang mungkin sedang kita bangun dan kembangkan. Tidak hanya bisnis, namun Email Signature juga dapat menjadi alat personal branding kita, karena kita dapat memasukkan informasi mengenai nama bisnis, alamat bisnis, website bahkan personal blog sekalipun. Dengan memasukkan informasi-informasi tersebut di atas, Email Signature dapat menjadi alat promosi gratis untuk kita sendiri.Tips Membuat Email Signature


Walaupun kita dapat memasukkan sebanyak mungkin informasi dalam Email Signature, tapi saya sarankan untuk tetap memperhatikan beberapa hal berikut:

Singkat. Jangan sampai Email Signature malah lebih panjang daripada isi email sendiri. Penerima email Anda mungkin malah akan terganggu karenanya. Biasanya empat baris saja sudah cukup.

Informasi penting yang harus ada dalam Email Signature adalah nama, no telepon, dan nama-nama akun social media seperti Facebook, Twitter, Google + dan lain-lain.

Pisahkan satu informasi dengan yang lainnya dengan jelas, misalnya dengan menggunakan tanda “|” atau “::” atau menurut selera.

Sebaiknya memang menggunakan huruf biasa, tanpa ada HTML, karena Email Signature dengan huruf biasa lebih dapat diterima di berbagai email client. Anda harus hati-hati menggunakan HTML, karena kadang tidak dapat ter-load dengan baik di beberapa email client.

Tapi jika Anda memang ingin menggunakan HTML, sebaiknya Anda melakukan tes email dulu untuk memastikan kode HTML-nya bekerja dengan baik.

Jika Anda tidak mengerti HTML, tapi ingin Email Signature Anda lebih menarik dengan image dan link, Anda bisa menggunakan beberapa tool Email Signature generator (akan diberikan tutorial selanjutnya)


Semoga membantu. :)

0 comments em “Apa dan Untuk Apa Email Signature?”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini