Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

Bagaimana Membuat Game Sendiri

Bagaimana Membuat Game Sendiri

Di waktu lalu untuk membuat sebuah game diperlukan biaya yang mahal dan hanya perusahaan-perusahaan besar yang bisa membuatnya. Disamping itu juga dalam pembuatan game tersebut memerlukan bahasa pemrograman yang rumit dan tidak sembarang orang dapat menguasainya.

Saat ini seiring dengan semakin pesatnya perkembangan IT, termasuk juga berkenaan dengan bahasa pemrograman yang lebih sederhana dan dapat dipelajari oleh semua orang, karena saat ini sudah banyak perangkat software atau tools yang cukup dengan memakai blok-blok alur project diikuti dengan penambahan interaksinya sudah mampu untuk mengenerate otomatis rentetan bahasa yang akhirnya menjadi bahasa interaksi dengan bahasa mesin.

Beberapa game engine atau sistem pembuat game belakangan ini sudah menyediakan fitur-fitur yang sangat mudah digunakan tanpa membutuhkan serangkaian bahasa pemrograman yang dianggap sebagian orang sangat sulit. Dengan bermodalkan drag and drop semua elemen bisa kita desain sendiri. Sedangkan untuk membangun karakter dan cara permainannya kita hanya cukup merangkai logika game tersebut dengan gaya puzzle maka game bisa dijalankan dan dimainkan.

Berikut game engine terkenal yang dapat anda gunakan dalam membuat game sendiri tanpa repot untuk mengetik bahasa pemrograman. Dan yang tak kalah pentingnya adalah semua game ini free alias gratis. Diantara game engine tersebut antara lain :1. Game Maker

Game ini mampu dijalankan dengan OS Windows atau Mac OS dan cara menggunakannyapun cukup dengan drag and drop, serta game ini dapat dibuat dalam bentuk 2D maupun 3D. Awalnya game maker ini dikembangkan oleh Mark Overmars dengan menggunakan pemrograman Delphi, dan saat ini dikembangkan dan dipopulerkan oleh perusahaan software Yo Yo Games.

Selain sajian fitur yang mudah dengan cara drag and drop, game maker ini juga dapat dikembangkan dalam game profesional menggunakan GML (Game Maker Language) sehingga anda dapat mengembangkan game yang dibuat secara leluasa. Untuk download game tersebut di http://www.yoyogames.com/gamemaker/studio/free, sedangkan official tutorialnya bisa diikuti di sini http://wiki.yoyogames.com/index.php/GameMaker:Studio_Tutorials.2. Stencyl

Platform pembuat game ini sangat fleksibel, selain dapat di install di berbagai macam OS game ini juga dapat digunakan dalam multidevice dan mampu dijalankan pada iOS, android, serta yang lainnya.

Kemudian fasilitas eksport kedalam swf sehingga mampu dijalankan diatas browser web baik melalui adobe flash player maupun HTML 5 sehingga game mudah dipublikasikan dan dimainkan. Untuk download software stencyl dapat anda lihat di alamat http://stencyl.com/.3. Game Salad

Sama seperti kedua game engine sebelumnya game salad ini juga dapat dipergunakan dengan mudah seperti halnya game maker maupun stencyl. Untuk download software game salad silakan kunjungi http://gamesalad.com dan tutorialnya dasarnya di sini http://cookbook.gamesalad.com/tutorials.

Anda tertarik untuk berkreasi membuat game sendiri ? Silakan coba menggunakan salah satu software yang saya referensikan di atas. Selamat mencoba….

0 comments em “Bagaimana Membuat Game Sendiri”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini