Warung Bebas

Sunday 18 September 2016

Maag, Penyakit Anak Kost?

Hasil gambar untuk maagHasil gambar untuk maag

Maag merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada lambung sehingga menyebabkan rasa sakit, mulas, dan perih. Maag juga biasa dikenal dengan radang lambung atau tukak lambung, atau gastritis. Berdasarkan asal katanya maag berasal dari bahasa Belanda yang berarti lambung sedangkan gastritis berasal dari bahasa Yunani “gastro” yang memiliki arti perut atau lambung dan “itis” yang berarti radang. Diketahui bahwa pola makan yang yang tidak teratur dan stress menjadi penyebab utama penyakit ini.

Anak kost yang biasanya adalah anak sekolah maupun mahasiswa, cenderung tidak menghiraukan jadwal makan. Malas makan sendiri, ataupun aktivitas yang padat sering kali dijadikan alasan. Apalagi makanan yang sering dikonsumsi kebanyakan adalah fast food. Praktis, begitu biasanya mereka berkelit. Mie instan, makanan kaleng, merupakan ‘sahabat’ para anak kost. Makanan yang dijual diluar atau jajan sering kali tidak sehat, namun sangat jarang ditemukan rumah kost yang menyediakan dapur, jika pun ada karena alasan ke-praktis-an tadi anak kost malas untuk memasak sendiri masakan sehat. Selain itu dengan beban belajar serta tugas-tugas yang dibebankan bisa juga menimbulkan efek stress bagi sebagian dari mereka. Jika tanpa didukung oleh makanan yang seimbang serta pola makan yang tidak teratur, tidak aneh rasanya jika penyakit tersebut di-identik-an dengan anak-anak kost.

Berikut adalah makanan dan minuman yang sering kali menyebabkan timbulnya maupun sakit maag:


Gorengan. Makanan yang mengandung minyak dapat meningkatkan produksi asam lambung.


Kopi. Kandungan kafein di dalam kopi bersifat asam, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka akan menaikkan asam lambung.


Cokelat. Sama seperti kopi, cokelat juga mengandung kafein. Selain itu kandungan kakao, theobromin juga dapat meningkatkan kandungan asam lambung. Terlebih lagi cokelat juga mengandung lemak yang diketahui juga menjadi salah satu penyebab maag.


Sayuran yang banyak mengandung gas. Sawi, kol, nangka, pisang ambon, durian sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.


Makanan berlemak.


Makanan pedas.


Makanan / minuman asam.


Minuman bersoda.

Dari daftar makanan dan minuman yang disebutkan diatas, kita tahu bahwa justru makanan dan minuman tersebutlah yang populer di kalangan anak kost. Berlemak dan pedas: bakso misalnya, atau mie instan dengan ditambah saos yang melimpah, tidak bisa dibantah memang menggiurkan. Gorengan, mudah didapat, dan disantap sebagai makanan ringan. Kopi sering kali diibaratkan sebagai teman yang setia saat harus terjaga hingga larut malam menyelesaikan tugas. Minuman bersoda dengan pizza sambil menikmati waktu bersantai ditemani film yang sedang in, siapa yang bisa menolak. Mumpung tidak ada yang mengawasi jadi bisa melakukan apa saja yang mereka suka, dan menyantap apapun yang mereka mau. Dengan kebebasan dan tanggung jawab hanya kepada diri sendiri membuat mereka menyepelekan hal-hal kecil seperti makan teratur. Padahal justru hal-hal kecil itulah yang penting.

Untuk itu sebagi pencegahan agar tidak mengalami sakit maag, sebaiknya kita hidari makanan yang telah disebutkan diatas. Selain itu juga pola hidup sehat dan teratur harus kita terapkan. Sebagai contoh makanan ringan sebagai persediaan sebaiknya kita siapkan makanan yang lebih sehat. Buah-buahan segar lebih baik untuk dikonsumsi. Untuk menggantikan kopi agar tidak diminum secara berlebihan siapkan saja teh dan madu. Jangan lewatkan waktu makan, dan jangan tidur hingga larut malam. Waktu tidur yang kurang juga dapat menyebabkan tingkat stress meningkat. Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Perbanyak air putih dan juga olahraga secara teratur. Anak kost juga bisa hidup sehat.

0 comments em “Maag, Penyakit Anak Kost?”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini