Warung Bebas

Thursday 1 September 2016

Rahasia Produktif Seorang Blogger


Rahasia Produktif Seorang Blogger


Inilah Rahasia Menjadi Seorang Blogger


Apakah Anda suka heran, kenapa ada Blogger yang begitu produktif mengunggah artikel di blog dan membaginya di media sosial hampir tiap hari. Kok bisa ya? Resepnya apa sih? Makan apa?


Sebenarnya tidak ada resep yang mutlak. Semua kembali ke Blogger itu sendiri. Hanya saja, saya akan membagi beberapa rahasia menjadi seorang Blogger untuk Anda.


1. Rajin Mengamati SekitarSeringlah mengamati sekitar Anda. Entah ketika sedang berjalan-jalan, mengantar anak sekolah, belanja ke pasar, sedang berselancar di media sosial dan Google. Aktif membaca tren yang ada.


2. Tangkap Ide yang Bertebaran


Setelah mengamati sekitar, pasti akan muncul ide baru. Tangkaplah.Jangan biarkan hilang. Jangan terlalu mengandalkan daya ingat, karena tidak bisa menjadi jaminan, Anda akan ingat seharian.


3. Tulis Ide


Segera tulis ide tersebut, agar Anda tidak lupa. Sebaiknya tulis semua ide yang muncul. Semakin bertambah banyak, semakin baik. Kumpulan ide bisa menjadi tabungan artikel.


4. Bawa Notes dan Bolpoin


Bawalah notes dan bolpoin kemana pun. Kenapa bukan gadget? Karena gadget bisa habis baterai, sementara notes tidak. Notes dan bolpoin lebih praktis dan bisa dipergunakan dengan segera.


5. Buat DraftIde yang sudah dicatat, sebaiknya segera dibuat draftnya. Anda tak harus menuliskannya berurutan. Terserah Anda. Bagaimana enaknya. Kalau Anda merasa ide yang baru saja Anda tulis, bisa segera dijadikan artikel, ya tidak apa.


6. Lengkapi Data


Draft sudah jadi, langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi data untuk artikel Anda seperti, gambar pendukung, kata kunci, judul, dll.


7. Eksekusi


Ide sudah jadi draft, data pendukung juga sudah lengkap. Langkah selanjutnya, eksekusi. Sunting draft artikel Anda, menjadi sebuah artikel yang enak dibaca dan bermanfaat. Setelah jadi, lengkapi gambar dan data pendukung lain. Kalau sudah selesai, Anda baca ulang dan publish di blog.


Lakukan 7 langkah di atas agar Anda bisa menjadi Blogger yang produktif. Apabila Anda ingin menambahkan rahasia produktif seorang Blogger, silakan tinggalkan jejak di komentar ya. Anda boleh membagi artikel ini di media sosial. Semoga bermanfaat ya Bagikan ini:Menyukai ini:SukaMemuat...


Peluang Pekerjaan dari Menulis


Anda ingin mendapatkan uang? Mau mengerjakannya dari rumah? Bisa. Tak hanya dari rumah, tapi bisa dari mana saja. Menarik kan?


Syaratnya cuma satu, yaitu menulis. Ya, Anda hanya harus suka menulis. Kalau tidak, pekerjaan ini akan sulit menghampiri Anda.


1. BloggerMenjadi Blogger sekarang memang merupakan tren. Namanya tren bisa saja akan berakhir kapan pun. Pastikan Anda ngeblog karena memang ingin ngeblog dan berbagi. Syarat menjadi Blogger adalah menulis. Cukup mudah kan? Kalau Anda tekuni, dengan rutin menulis setiap hari, pekerjaan akan datang. Mulai dari pesanan review, pembuatan artikel, ebook, banner iklan di sidebar,dll. Menarik kan?


2. EbookEbook juga mensyaratkan harus bisa menulis. Berbagi adalah kuncinya. Tulislah ebook yang isinya bermanfaat dan “daging” semua. Harga berapa pun akan dibeli orang. Jangan pernah khawatir tidak laku karena Anda bukan siapa-siapa. Itu tidak berlaku di penulisan ebook. Ya karena orang mencari manfaat dari ebook.


3. BukuPeluang pekerjaan dari menulis lainnya yaitu dengan menulis buku. Syaratnya juga mudah, menulis. Anda harus memikirkan dengan matang, materi, judul, promosi, dll. Jangan lupa untuk aktif mempromosikan buku Anda, agar semakin dikenal orang. Hasilnya semakin banyak dibeli, Anda akan semakin mendapat penghasilan


4. ArtikelSekarang bertebaran blog dan website yang membutuhkan artikel untuk mensuply kebutuhan stok. Pemilik akan getol mencari siapa yang sekiranya memiliki kemampuan menulis dengan baik. Apabila sudah menemukan, akan menghubungi untuk menawarkan pekerjaan menulis artikel di blog atau websitenya, dengan imbalan menggiurkan.


5. Job ReviewIni juga menggiurkan. Biasanya ada agen yang akan menghubungi Anda, apakah bersedia bekerja sama dengannya, menulis review dari kliennya. Imbalan akan diberikan oleh agen, Anda bisa menawarnya atau mengiyakan dengan pertimbangan tertentu. Syaratnya juga hanya menulis dan, artikel di blog Anda minimal 100 buah. Lebih baik, perbanyak artikel blog Anda. Lakukan tiap hari. Agar Anda bisa dilirik oleh agen, klien, dll.


6. GhostwriterAnda bisa mencoba peluang ini. Salah satu dari peluang pekerjaan dari menulis. Cara kerjanya begini, apabila ada klien meminta Anda menuliskan buku dengan nama klien. Lalu Anda akan diberikan honor yang pantas. Anda harus menawar honor itu apabila masih dirasa kecil. Tak apa. Karena Anda yang menulis buku klien, dan ingin dikerjakan secara baik.


Bagaimana? Apakah ada yang ingin menambahkan peluang pekerjaan dari menulis lainnya? Silahkan tinggalkan komentar ya.


Tak perlu ijin untuk membagi artikel ini di media sosial. Bagikan ini:Menyukai ini:SukaMemuat...


Inilah Tip Menjadi Penulis Produktif


Saya yakin, Anda yang tertarik berkunjung dan membaca artikel ini, memang ingin menjadi penulis produktif, betul? Saya memiliki tip yang cukup ampuh, memaksa Anda menulis terus dan terus. Cukup mudah, asal dipraktikkan secara konsisten ya.


1. Tulis segera!Yup betul. Ketika Anda sudah mendapatkan ide, bahkan memiliki tabungan ide. Kenapa tidak segera Anda eksekusi satu per satu? Mungkin bisa dalam bentuk draft, atau segera menulisnya.


2. Aktif menangkap ide yang bertebaran.Ini adalah cara cukup efektif menstimulus Anda agar terbiasa menulis. Tulis saja ide yang Anda tangkap dalam satu buku catatan kecil.


3. Jauhi beberapa hal ini, sementara waktu.Internet, gadget, televisi, adalah salah satu, hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda. Apalagi sekarang, internet menempati urutan pertama yang paling banyak prosentasi dipergunakan orang.


4. Perkuat tujuan.Yup betul. Tujuan. Anda harus memperkuat tujuan Anda menulis. Mengapa sih tujuan Anda menulis? Ingin terkenal, berbagi, atau apa? Kalau Anda sudah tahu tujuannya, akan mudah menjalani kegiatan tulis menulis.


5. Bawa NotesYup,  jangan sampai ide Anda terlewat karena terlupa. Sebaik apapun daya ingat Anda, asti akan ada saja momen yang membuat ingatan yang sudah disimpan begitu saja hilang.


6.  Berhenti Belajar TeoriIni sangat penting. Memang benar belajar teori tentang menulis itu betul. Anda akan mendapatkan banyak tambahan ilmu. Tapi kalau Anda terus berkutat terus dengan teori, Anda tak akan bisa maju.Anda tak akan menulis. Tulisan tidak selesai. Akhirnya Anda akan selalu merasa ilmu Anda kurang.


7. Tidak perlu membuat jadwal ketat.


Kadang jadwal ketat justru akan membuat Anda merasa tertekan. Akibatnya, ada beban ketika menulis. Padahal esensi menulis tidak seperti itu. Kita harus senang. Maka buatlah jadwal yang realistis, pastikan Anda akan mentaatinya tapi dengan hati senang. Hasilnya, Anda bisa menyelesaikan naskah tepat waktu


8 Jaga kesehatanKesehatan juga perlu dijaga, demi sampai tulisan selesai. Demi menulis, ada yang menunda makan, minum, mandi, dan tidur. Padahal itu cukup bahaya kalau Anda seperti itu. Kesehatan akan terganggu. Bukan berarti Anda ingin menyelesaikan naskah dengan cepat, kemudian mengorbankan kesehatan. Jangan sampai. Tetaplah makan teratur dengan gizi seimbang, minuman sehat dan tidur dengan cukup ya…


9. Jaga passionBicara menulis juga bicara tentang passion. Tanpa passion, akan sulit seseorang menyelesaikan naskah atau artikel. Anda memiliki passion, secara otomatis akan mencintai kegiatan menulis. Passion harus terus dijaga, karena bisa naik turun.


10. Semangat


Tulisan selesai, karena peran dari kata semangat juga. Andai Anda tak memiliki semangat juga, mungkin tulisan tak akan selesai. Semangat yang tinggi akan membantu karier menulis Anda.


Kira-kira ada yang mau menambahkan daftar Tip Menjadi Penulis Produktif. Apabila bermanfaat, Anda boleh membaginya di media sosial.Bagikan ini

0 comments em “Rahasia Produktif Seorang Blogger”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini