Warung Bebas

Sunday 18 September 2016

Tips Meraih Keuntungan Dengan Kartu Kredit

Bisakah untung dengan kartu kredit? Jawabnya bisa. Lihat saja papan-papan iklan di jalan atau di depan sebuah klub karaoke yang salah satunya berisi tulisan diskon 50% dengan kartu kredit tertentu.Jika kita tidak mempunyai kartu kredit itu dan suatu saat kita berada di klub tersebut tentu kita harus membayar 100% atau 2 kali lebih mahal daripada yang kita bayar dengan kartu kredit tertentu itu.


Juga kalau kita bepergian dengan pesawat. Dengan kartu kredit tertentu kita bisa menikmati makan minum gratis sambil menunggu di lounge yang bekerja sama dengan kartu kredit tersebut. Bahkan kita juga bisa dapat free compliment berupa 1 makanan dan 1 minuman gratis dari Starbuck. Tanpa keluar sepeserpun. Gratis.


Ditambah lagi kalau ada program kita bisa dapat cash back dari kartu kredit setiap berbelanja di supermarket, kalau beli bensin bisa dapat cash back 20%. Mungkin kita juga dapat diskon 15% di waktu-waktu tertentu di hipermarket. Diskon di hotel-hotel atau toko elektronik juga bisa kita dapatkan. Kalau kita bisa mengatur dengan baik penggunaan kartu kredit kita sejumlah keuntungan bisa kita raih.


Tapi tentu saja kita juga berpotensi merugi dengan kartu kredit. Jika kita menggunakan kartu kredit kemudian pada saat jatuh tempo kita lupa atau tidak bisa membayar, maka kita harus membayarkan pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu kita keluarkan. Kita akan ditagih biaya keterlambatan yang jumlahnya tidak sedikit. Sekitar Rp.100.000 atau mungkin lebih. Kalau dipakai untuk jajan bakso lumayan bukan? Apalagi untuk beli kerupuk … he..he…


Juga kalau kita tidak membayar tagihan secara penuh kita akan dikenakan biaya bunga. Bunga kartu kredit di Indonesia bukan main mahalnya. Dulu bunga kartu kredit bisa mencapai 3,5% – 4,25% per bulan. Dengan kata lain kita bisa kena 42% sampai 51% setahun. Alamak. Ini bisa bikin kita bangkrut. Sekarang unganya 2,95% per bulan. Masih mahal.


Masih ada lagi biaya tahunan yaitu biaya iuran tahunan kartu kredit. Besarnya bervariasi antara Rp.90.000 sampai Rp. 1.000.000 per tahun. Tapi banyak yang biaya iuran tahuan gratis lho. Kalau bisa dapatkan kartu kredit yang biaya iuran tahunannya gratis tanpa syarat apapaun.


Saya mulai memiliki kartu kredit pada tahun 2004. Mulanya saya tidak begitu mengerti kegunaan kartu ini. Saya kira dengan karu kredit kita cukup bayar 10% dari tagihan. Tetapi setelah merasakan pembayaran bunga yang lumayan besarnya, saya mulai mengerti hal-hal seperti ini harus saya hindari.


Selama ini Kartu Kredit lebih banyak menguntungkan bagi saya daripada merugikan. Tentu saja ada tips agar kita tidak terjerat bunga kartu kredit yang mencekik. Saya bersedia membagikan tips-tips saya sebagai berikut:


1. Selalu belanja sesuai dengan kebutuhan kita, jangan sesuai dengan keinginan, dengan kata lain, bijak berbelanja. Berbelanjalah barang berkualitas dengan diskon besar. Atau beli sedikit lebih barang yang kita perlukan saat diskon besar.


2. Kenali bunga kartu kredit, tanggal cetak tagihan, cash back, diskon dan manfaat lain dari kartu kredit yang Anda miliki. Saat tidak punya uang kita bisa berbelanja bijak dengan berhutang lebih lama tanpa kena bunga dengan memperhatikan tanggal cetak kartu kredit kita. Misal tanggal cetak kartu kredit saya adalah tanggal 12 April. Maka saya akan berbelanja tanggal 13 April. Belanja itu baru akan saya bayar pada tanggal 3 Juni tanpa terkena bunga. Dan saya akan mencadangkan pembayaran belanja itu dari gaji saya bulan Mei.


3. Karena akhir-akhir ini banyak penyalahgunaan kartu kredit, selalu aktifkan hand phone anda untuk dapat menerima alert transaksi dari bank penerbit. Kalau ada transaksi yang tidak Anda lakukan segera hubungi Bank penerbit. Dan segera beritahukan bank penerbit jika ada perubahan nomer ponsel. Selalu teliti dan cek transaksi di lembar tagihan, terutama jika ada transaksi yang tidak dilakukan sendiri oleh pemegang kartu. Segara kontak bank dan minta klarifikasi jika ada transaksi yang tidak sesuai.


4.Bayar tagihan sebelum jatuh tempo dan kalau bisa lakukan pembayaran penuh untuk menghindari bunga dan denda. Jika catatan kredit Anda bagus, tunggu saja penawaran-penawaran menarik yang sering kali menguntungkan dari tele marketing kartu kredit.


5. Jika kartu kredit Anda menawarkan program cicilan dengan bunga 0%, tidak ada salahnya Anda mengambil program ini. Dengan demikian Anda bisa menggunakan uang Anda untuk kebutuhan lain terlebih dahulu daripada membayar barang tersebut 100%. Kalau tidak menawarankan bunga 0%, jika Anda memutuskan untuk mencicil pilih bunga yang termurah. Ada yang 0,5%, 0,6% atau 0,79%. Sebisa mungkin jangan ambil yang bunga cicilan tinggi misal 1,74% atau 2,2% per bulan dengan jangka waktu lama.


6. Lebih sering pakai kartu kredit yang memberi poin setiap kali kita berbelanja. Poin ini bisa kitakumpulkan untuk ditukar dengan biaya iuran tahunan, voucher atau barang-barang idaman kita. Dengan demikian kita tidak perlu membayar iuran tahunan. Untuk mendapatkan poin yang banyak selalu gunakan kartu kredit Anda, walau Anda punya uang cash untuk membayar. Uang cash itu bisa Anda tabung dahulu sebelum Anda gunakan untuk membayar. Denagn demikian Anda bisa mengumpulkan lebih banyak poin.


7. Jika Anda ada keperluan mendadak sehingga Anda belum bisa membayar tagihan kartu kredit, pertimbangkan transfer balance. Untuk transfer balance anda setidaknya harus memiliki 2 kartu kredit yang salah satu diantaranya memiliki program transfer balance dengan bunga rendah.


8. Jika Anda memiliki lebih dari 1 kartu kredit, dan Anda belum bisa membayar penuh semua tagihannya, bayarlah kartu kredit yang bunganya lebih mahal terlebih dahulu sehingga Anda bisa terhindar dari pembayaran bunga yang besar.


Semoga tips diatas bisa bermanfaat.

0 comments em “Tips Meraih Keuntungan Dengan Kartu Kredit”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini