Warung Bebas

Sunday 4 September 2016

Awas Penipuan Online Shop

                 
Di jaman yang serba canggih sekarang ini banyak sekali yang memanfaatkan teknologi untuk berdagang lalu mendirikan sebuah toko didunia maya yang sering disebut “online shop”. Banyak sekali yang tertarik untuk membuat online shop tersebut karena transaksi barang dagangan tersebut bisa dimana saja sesuai dengan perjanjian antara si penjual dan pembeli atau bahkan bisa memanfaatkan layanan jasa untuk mengantarkan kerumah si pembeli dan masih banyak keuntungan lain dari online shop tetapi dibalik keuntungan yang banyak tersebut tidak sedikit juga oknum oknum nakal yang memanfaatkan online shop tersebut sebagai ajang penipuan dan pihak pembeli menjadi sasaran empuk para penipu yang berkedok penjual gadget, alat elektronik hingga jersey (kostum) klub sepak bola dunia.Tergiur iklan yang disebar pelaku di berbagai situs belanja online dan media sosial seperti Twitter, Kaskus, Facebook, email sampai BlackBerry Messenger (BBM), korban biasanya mengontak nomor telepon yang tertera di iklan.Kadang  pelaku mau ditelepon, namun lebih banyak obrolan dilakukan lewat layanan pesan singkat (SMS) atau BlackBerry Messenger (BBM).Ketika harga sudah disepakati, pelaku meminta korban mentransfer uang pembayaran terlebih dahulu. Untuk meyakinkan korbannya, pelaku membuat nomor resi pengiriman palsu.Setelah dicek, ternyata nomor resi tidak terdaftar di perusahaan jasa pengiriman.Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari penipuan online shop :

1. Bookmark Situs Belanja ResmiSimpan atau tandai alamat toko online resmi untuk mencegah penyesatan yang dilakukan oleh peretas melalui mesin pencarian online.
Bila Anda belum pernah melakukan belanja secara online, maka pilih toko resmi dan kunjungi alamat situsnya yang dipublikasikan melalui promosinya.

2. Jangan Percaya Penawaran via Email Bila Anda mendapatkan penawaran dari toko online melalui surat elektronik atau email sebaiknya abaikan saja. Adanya penyingkat tautan (URL Shortened) bisa saja membuat kita menjadi tidak mengetahui alamat tujuan dari tautan yang dilampirkan. Trend Micro menyarankan peninjauan terhadap tata bahasa dan kata-kata asing pada penawaran di email.

3. Verifikasi Penawaran yang Tidak MeyakinkanSebaiknya tinjau kembali sumber penawaran yang dikirimkan kepada Anda. Identifikasi sederhana bisa dilakukan dengan memperhatikan datang dan ditujukan kepada siapa saja, baik di email ataupun di media jejaring sosial. Seringkali penawaran yang diberikan pada toko online palsu kurang masuk akal, diskon yang terlalu besar ataupun harga yang terlalu murah.

4. Perhatikan Layanan Pembayaran OnlineDengan menyimpan catatan transaksi untuk melacak transaksi yang pernah dilakukan agar lebih mudah melakukan laporan pada bank ataupun lembaga keuangan lainnya jika ada penyelewengan.Pengguna kartu kredit ataupun kartu debit berhak dan wajib melaporkan kepada bank jika mengetahui kejanggalan pada transaksi mereka. Sebaiknya gunakanlah kartu kredit dengan batasan paling minimal atau gunakan kartu debit

.5. Gunakan Aplikasi Keamanan TerpercayaPiranti lunak anti-virus dapat mengurangi atau membatasi serangan yang dilakukan di dunia maya. Bila Anda ragu apakah suatu situs aman atau tidak, silakan membuka global.sitesafety.trendmicro.com

.6. Gunakan Rekening BersamaKehadiran rekening bersama yang berfungsi sebagai ‘terminal uang’ bisa membantu anda untuk melakukan verifikasi pada barang yang dipesan. Hal ini bisa menghindari pengiriman uang pada pihak yang tak bertanggung jawab. Tapi, pilihlah akun rekening bersama yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik.

0 comments em “Awas Penipuan Online Shop”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini