Warung Bebas

Sunday 26 June 2016

Bagaimana Cara Mengatasi Tidak Bisa Tidur ?


Insomnia ? apakah anda termasuk orang yang sering susah tidur? terus terang saya sendiri sering mengalami hal tersebut. Oleh karena itu saya ingin mencoba menguraikan mengapa kita tidak bisa tidur, dengan begitu kita mengetahui apa penyebab yang membuat kita sering susah tidur. Nah, kalau sudah tau penyebabnya biasanya akan ada solusi/menemukan caranya untuk mengobati kebiasaan susah tidur tersebut.

Kalau menurut pengalaman saya pribadi, kebiasaan kita insomnia salah satu penyebabnya adalah cenderung karena dua faktor, yang pertama yaitu karena faktor pikiran dan yang kedua faktor lelah. Nah, dari kedua faktor tersebut, yang sering terjadi adalah faktor pikiran. Banyaknya pikiran, baik itu karena memiliki masalah, maupun karena memikirkan berbagai planing kehidupan, ataupun karena memikirkan ide-ide brilliant, dsb, sering kali membuat kita berulang-ulang dipaksa untuk berpikir dan akhirnya tidak bisa tidur karena beban tersebut.

Nah, jika kita sudah dapat mendeteksi mengapa kita tidak bisa tidur, seharusnya kita akan mengetahui bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut. Tapi, ingat, bukan berarti ketika tidak bisa tidur malam, itu tidak baik. Jika kita merasa malam adalah waktu yang mengasyikan tuk mengerjakan sesuatu, kenapa engga? Namun, kalau kita melakukan hal tersebut secara sering/tiap hari, kata dokter sih angga baek,. (malem itu waktunya istirahat,.hehe)

Berikut ini beberapa tips yang saya lakukan untuk mengatasi / menghilangkan kebiasaan insomnia yang diakibatkan karena faktor beban pikiran:

Jangan menunda kerjaan/tugas yang seharusnya kita bisa selesaikan pada waktu itu. Dengan begitu, kalau malam otak kita tak lagi mengulang tuk memikirkannya karena belum terselesaikan.
Biasakan untuk mencatat segala rencana atau segala bentuk ide yang kita temukan baik dalam tulisan di selembar kertas, maupun di Note secara digital (misal, laptop/Hp), sehingga pada waktu istirahat pikiran kita tidak begitu melayang-melayang untuk mengingat semua itu, setidaknya lebih ringan daripada tidak mencatatnya.
Khususnya buat kita yang sering beraktifitas diinternet, sering kali pikiran kita dibuat untuk selalu membuka gadget (Misal: HP, laptop) yang kita miliki. Kebiasaan waktu online yang tidak teratur membuat kita ingin membukanya setiap waktu, bahkan ketika kita mau tidur. Jadi cobalah buat schedule waktu untuk online, Misal: menetapkan waktu online paling cepat dari mulai jam 6 atau 7 pagi, dan maksimal sampai jam 9 Malam, Cobalah untuk membiasakan hal tersebut (disiplin waktu).

Okey, mungkin itu saja dulu, tulisan saya kali ini tentang berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi insomnia/Tidak bisa tidur. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengatasi hal tersebut. Tapi tidak sedikit mereka yang lupa akan cara yang seharusnya bisa mereka lakukan, karenanya catatan saya ini dapat mengingatkan/memberikan inspirasi, dan semoga bermanfaat, khususnya buat teman-teman yang membutuhkan inspirasi, begitu juga saya sendiri ^_^.

0 comments em “Bagaimana Cara Mengatasi Tidak Bisa Tidur ?”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini