Warung Bebas

Monday 13 June 2016

Cara Meningkatkan Kemampuan Reading (Reading Skills)

Reading adalah salah satu skill dalam bahasa inggris yang harus anda dan saya kuasai. Kedengarannya tidak sesulit listening dan speaking, ya memang kedengarannya seperti itu tapi perlu disadari dalam reading kita harus tau banyak pronunciation atau cara pengucapan yang benar, jika salah pengucapan maka bisa
salah arti.




Oleh sebab itu reading skills haruslah ditingkatkan untuk mencapai tujuan tersebut. Nah berikut adalah Tips Cara Meningkatkan Reading Skills :

1. Baca majalah atau buku yang berbahasa inggris

Inilah yang terpenting yang harus dilakukan dalam reading yaitu membaca. Sudah jelas dari pengertiannya saja sudah membaca maka yang kita harus lakukan untuk meningkatkan kemampuan reading kita adalah dengan membaca buku ataupun apa saja yang memakai bahasa inggris. Mungkin pertama-tama kalian akan merasa malas karena kalian tidak tau artinya, tapi jangan putus asa karena semua butuh proses dan kesabaran. Mulailah dengan membaca Graded Readers. Graded Readers adalah bacaan yang sudah disesuaikan level-levelnya sehingga membantu kemampuan reading anda. Anda bisa mendapatkannya di internet ataupun di toko buku.

2. Perhatikan Pronuciation

Seperti yang saya katakan tadi bahwa salah pengucapan maka salah arti. Untuk itu maka kalian harus memperbanyak pengetahuan pronunciation kalian banyak-banyaklah cari suara-suara kata dalam bahasa inggris sehingga kalian makin banyak mengetahui bunyi dari suatu kata yang benar. Caranya adalah dengan membaca kamus, ataupun mencari setiap kata yang kiranya kalian tidak tau bunyinya, ketiklah tulisan itu di google translate dan cari tau bagaimana bunyinya, atau kalian bisa menggunakan aplikasi yang kamus yang ada diandroid kalian juga untuk mengetahui bunyi yang benar dari suatu kata yang tidak kalian ketahui.

3. Latih terus sampai lancar

Untuk mendapatkan suatu skill bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kerja keras dan ketekunan serta hasrat dari diri kita sendiri. Nah jadi kita sudah tau bahwa tidak ada yang instant di dunia kecuali mie instant hehe. Makanya kita harus Rajin dan Berlatih terus setiap hari. Minimal kalian membaca buku atau apapun yang berbahasa inggris 200 kata per hari. Dengan begitu saya jamin reading skills kalian akan cepat sekali berkembang.

4. Perhatikan Nada dan Intonasi dalam membaca

Sama seperti semua bahasa pasti memiliki nada naik dan rendah. Bahasa inggris pun sama halnya dengan itu. Untuk mendapatkan skill reading yang baik maka kita juga harus perhatikan kapan kalimat itu seru, sedih, senang, atau lucu dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk kita dapat menyampaikan pesan yang terkandung dalam cerita tersebut.

Itulah Cara Meningkatkan Reading Skills , Janganlah pernah jenuh untuk berlatih karena "Practice makes Perfect". Jika ada pertanyaan silahkan post a comment ya :)

0 comments em “Cara Meningkatkan Kemampuan Reading (Reading Skills)”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini