Warung Bebas

Tuesday 21 June 2016

Makanan Untuk Perkembangan & Kecerdasan Otak Anak

Makanan Untuk Perkembangan Otak Anak

Informasi kesehatan agar kita sehat selalu – Sebagian besar orang memberikan stigma bahwa kecerdasan otak merupakan bawaan sejak lahir. Padahal, bukan sebuah kemustahilan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Karena kecerdasan otak pada anak-anak jika tidak diimbangi dan ditambahkan dengan jenis makanan yang bervitamin dan meningkatkan kemampuan otaknya, maka anak tersebut tidak memiliki kemampuan yang baik dalam perkembangan otaknya. Makanan dapat mempengaruhi perkembangan otak anak anda, terutama perkembangan fungsi kognitif dan konsentrasi. Di bawah ini terdapat beberapa makanan yang dapat membantu konsentrasi anak dan perkembangan otaknya.

Makanan untuk perkembngan otak anak - brain food

Telur

Kandungan nutrisinya yang tinggi (kolin, omega 3, lutein, dan seng) dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi anak.

 Greek Yogurt

Otak juga membutuhkan lemak untuk membantu perkembangannya. Greek yogurt mengandung lemak dan protein yang dibutuhkan otak. Lemak membuat jaringan otak menjadi lebih fleksibel, sehingga memudahkannya menerima dan mengirimkan informasi. Hal ini tentu sangat membantu dalam proses belajar anak.

Sayuran

Sayuran mengandung asam folat dan berbagai vitamin serta mineral yang sangat berguna bagi kesehatan anak anda. Bayam dan kol merupakan contoh sayuran yang diduga dapat mencegah terjadinya demensia (pikun) di usia tua. Kol mengandung sulforafan yang berfungsi sebagai agen detoksifikasi dan diindolilmetan yang dapat membantu pertumbuhan sel otak baru. Kembang kol mengandung asam folat, vitamin B6, dan tinggi serat yang dapat membantu memperbaiki mood, daya ingat, dan konsentrasi. Selain itu, kembang kol juga mengandung antosianin yang merupakan suatu agen anti inflamasi.



Ikan

Ikan mengandung omega 3 dan vitamin D, yang dapat mencegah penurunan daya ingat dan kognitif, serta dapat meningkatkan konsentrasi. Contoh ikan yang mengandung banyak omega 3 adalah salmon, tuna, dan ikan sarden.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang dapat memperbaiki mood dan membantu kerja sistem saraf.

Oatmeal

Oatmeal mengandung protein dan serat yang sangat berguna bagi kesehatan jantung dan otak anak anda.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, suatu agen yang diduga dapat membantu mencegah pembentukan plak Alzheimer pada otak dan membantu melawan agen inflamasi.

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain dengan melakukan pelatihan-pelatihan tertentu yang dapat merangsang perkembangan otak, asupan nutrisi tertentu juga dapat meningkatkan kecerdesan otak. Ada beberapa makanan sehat yang diketahui dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Walnut, Walnut atau semacam kacang kenari sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak karena mengandung omega-3 yang tinggi. Selain itu, omega-3 dan kandungan zat antioksidan lainnya yang ada dalam walnut diketahui bisa mengurangi peradangan otak serta mengurangi risiko terjadinya penyakit demensia dan alzheimer.
Kafein, Jangan berburuk sangka dahulu pada kafein. Untuk jangka pendek, kafein diketahui bisa meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan konsentrasi. Kandungan kafein pada secangkir teh atau kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang dengan cepat. Walaupun demikian, anda dianjurkan untuk mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein secara moderat, tidak berlebihan. Ini karena tingginya asupan kafein dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh.
Buah Berry, Buah berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi tingkat stres seseorang. Buah berry juga diklaim mampu mencegah penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada otak. Blueberry juga diyakini dapat memperlambat penuaan.
Bayam, Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat penuaan. Ini berkat kadar folat yang tinggi dalam bayam. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak sayuran umumnya mempunyai kemampuan otak yang lebih baik.
Wortel, Wortel memiliki kandungan luteolin, senyawa yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada otak. Para ahli yakin bahwa dengan mengurangi peradangan, luteolin bisa membantu mengurangi risiko penurunan memori yang berhubungan dengan usia. Luteolin juga terkandung dalam seledri dan paprika.
Ikan, Ikan, terutama ikan salmon, merupakan salah satu makanan terbaik yang mengandung omega-3, di mana kandungan ini sangat penting bagi fungsi otak. Omega-3 juga mempunyai sifat yang dapat mencegah peradangan (anti-inflamasi). Omega-3 juga diketahui dapat memperlambat penurunan kognisi yang disebabkan penuaan dan dapat mencegah demensia.

0 comments em “Makanan Untuk Perkembangan & Kecerdasan Otak Anak”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini