Warung Bebas

Sunday 26 June 2016

Cara Membuat Website Pribadi Gratis

Banyak cara untuk membuat website pribadi secara gratis. Namun pertanyaannya adalah ketika kita menggunakan layanan gratis, apakah web tersebut akan sesuai dengan keinginan kita?.. Ups, tapi jangan khawatir, jika kita menggunakan web tersebut hanya untuk keperluan pribadi, misalnya hanya untuk sebagai media untuk tempat kita coret-coret/ tulis menulis, kita bisa menggunakan sebuah blog saja sudah beres, dan jika kita bisa merombak templates blog gratisan tersebut, maka blog tersebut akan tampak seperti web profesional, jika kita tidak bisa membuatnya sendiri, tenang saja,. diinternet banyak sekali ko templates gratisan yang bisa kita download.

Menggunakan CMS Gratis

Salah satu cara untuk membuat website pribadi secara gratis, adalah dengan menggunakan CMS Wordpress, atau CMS (Content Management System) lainnya, yang saya tau CMS wordpress tsb paling banyak digunakan orang-orang untuk membuat website, baik web pribadi, company, maupun untuk bisnis lainnya, bahkan untuk toko online sekaligus.

Menggunakan BLOG Gratis
Yups, BLOG bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk memiliki sebuah website pribadi. Emang blog sama yah dengan website?, secara definisi aslinya sih ya tentu saja berbeda,.. Namun, jika anda merasa dengan blog saja sudah cukup, kenapa tidak menggunakan blog saja,. seperti sangpenulis.com ini yang menggunakan fasilitas gratis blogger.com namun menggunakan domain sendiri (agar mudah diingat,.hehe), ya itung-itung hostingnya saja yang gratis. Selain blogger, ada juga beberapa situs lain yang menyediakan layanan blog gratis, salah satunya wordpress.com

Belajar membuat HTML/PHP
Jika anda ingin membuat website bener-bener karya sendiri, tentu saja membutuhkan waktu lebih lama untuk mempelajarinya, yang saya tau untuk menguasai kode-kode pemrograman web tersebut tidak bisa instant, tidak bisa dalam hitungan minggu (kecuali jika anda memiliki basic sebelumnya), anda bisa melakukannya tahap demi tahap. Banyak sekali sumber di internet, yang bisa anda pelajari, tentang kode-kode HTML, PHP dan CSS untuk mempercantik website anda, yang kemudian di upload di hosting gratisan. 

Salah satu situs untuk belajar kode-kode web adalah w3schools, dsana anda dapat mempelajari banyak kode pemrograman web. terus terang, dulu saya pribadi sering berkunjung ke situs tersebut, ketika saya awal-awal belajar membuat website pribadi.

Okey sekian dulu catatan saya kali ini, tentang beberapa cara/alternatif untuk membuat web pribadi gratis. semoga menginspirasikan!.

0 comments em “Cara Membuat Website Pribadi Gratis”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini