Warung Bebas

Sunday 26 June 2016

Lagu Iwan Fals | Rekomendasi Lagu Iwan Fals

Lagu Iwan FalsSiapa orang Indonesia tak kenal dengan Iwan Fals dan Lagu Iwan Fals. Penyanyi yang sudah memulai karirnya semenjak dekade lalu tersebut terkenal akan lagu yang sarat akan muatan kritik sosial. Tak jarang sang seniman juga membuat karya musik yang ditujukan sebagai sindiran untuk kinerja pemerintahan, serta fenomena sosial lain yang terjadi di belahan dunia lain. Apa yang disuguhkan oleh Iwan Fals dalam tiap lagu-nya menjadi menarik untuk disimak karena semua ditampilkan dalam bentuk metafora. Sindiran yang ada tidak menampar orang yang dimaksud secara langsung, namun menggunakan bahasa kiasan yang terdengar cukup unik.

Perbandingan Lagu Iwan Fals

Perbandingan / kiasan semacam itu terlihat dalam lagu Iwan Fals berjudul Tikus berdasi. Kala itu rupannya sang artis tengah prihatin akan kondisi negara Indonesia yang banyak dipenuhi oleh aksi koruptor yang merajalela di mana-mana. Banyak aparat negara begitu mudah tunduk pada kekuatan uang, menyebabkan rakyat yang tidak semuanya makmur menjadi susah mendapatkan perlindungan dari pemerintah. Hal itu ditambah dengan kinerja dari penegak hukum yang juga tidak banyak memberi harapan. Sama seperti aparat pemerintahan lain, mereka juga tak jarang tunduk pada kekuatan uang. Lirik yang disajikan Iwan Fals dalam lagu Tikus Berdasi menggambarkan bahwa koruptor tersebut sama layaknya seekor tikus yang suka berenang di sungai kotor atau memanfaatkan keadaan sistem carut marut. Sedangkan para penegak hukum diibaratkan seperti kucing, yang dengan menerima suap berupa ikan guna memuluskan jalan si tikus. Hal ini tentu menggelikan sebab umumnya kucing memiliki insting memburu tikus.

Lagu Iwan Fals
Lagu Iwan Fals
Namun itu tak berarti lagu Iwan Fals hanya mengkritisi keadaan di dalam negeri saja. Sebagai orang yang humanis, sang artis juga tak jarang mengamati peristiwa yang terjadi di luar negeri. Pada era tahun 80an, banyak media dunia memberitakan liputan terkait bencana kelaparan yang terjadi di Ethiopia, sebuah negara di Benua Afrika. Kala itu banyak orang di sana mengalami kelaparan hebat. Bahkan anak kecil terkena imbasnya. Iwan Fals kemudian mendapatkan insprasi membuat lagu terkait akan tema tersebut. Mencoba mengingatkan para pendengar bahwa saat kita menikmati makanan cukup di atas meja makan, banyak saudara kita mengalami bencana kelaparan di Ethiopia.

Mungkin hal-hal semacam itu yang kemudian membuat banyak orang menggemari lagu Iwan Fals. Lirik-lirik yang disampaikan memberikan banyak inspirasi, terutama terkait akan fenomena sosial yang terjadi di sekitar kita. Sebab memang tak jarang manusia terlalu menikmati keadaan yang ada di dalam dirinya hingga susah berempati dengan apa yang dialami oleh orang lain. Lagu Iwan Fals yang bernuansa balada, ditambah lirik kritik sosial serta tema-tema humanis, dapat mengingatkan semua akan hal penting semacam itu.

Lagu Rekomendasi Lagu Iwan Fals

Lantas, lagu Iwan Fals manakah yang patut untuk didengarkan guys? Well, sang artis telah banyak merilis single semasa karirnya, sehingga ada banyak tembang yang telah akrab di telinga pendengar Indonesia. Bahkan tak jarang menjadi legenda, karena memang pesan yang disampaikan begitu kuat. Berikut adalah daftar beberapa tembang milik sang seniman yang kami rekomendasikan untuk kamu dengar:

1. Bento – Lagu Iwan Fals berikut menceritakan kisah seorang kaya yang memiliki banyak uang serta harta hingga ia sanggup melakukan hal apapun, termasuk menindas orang lain serta menyuap aparat hukum. Banyak pengamat menilai bahwa single ini ditujukan untuk menyindir salah satu anak petinggi Order Baru, yang dengan mudahnya melakukan segala sesuatu. Termasuk keluar dari celah hukum dan banyak hal lain. Dikemas dalam nada balada, Bento masih sering dinyanyikan hingga saat ini.

2. Omar Bakrie – Lirik yang dicantumkan dalam lagu Iwan Fals Omar Bakrie menggambarkan perjuangan seorang guru berstatus pegawai negeri. Tiap harinya ia berusaha mendidik muridnya sekuat tenaga. Namun apa daya tak ada tanggapan dari pemerintah menyoal insentif atas usaha keras yang ia lakukan sehingga tak ada jalan lain bisa ia lakukan selain ‘makan hati’

3. Ibu – Dari judulnya saja sudah dapat diterka bahwa lagu berikut ditujukan untuk menggambarkan sosok seorang ibu yang akan selalu berusaha sebaik mungkin demi kebahagiaan anak. Dikemas dalam nada balada bernuansa trenyuh, musik berikut sangat cocok untuk mengingatkan kembali betapa berat perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anaknya hingga mencapai kesuksesan yang diidamkan.

Well, itu tadi beberapa penuturan yang bisa kami sampaikan terkait topik lagu Iwan Fals. Jika ada di antara kamu merasa tidak puas akan apa yang disajikan di tulisan tersebut, bisa menghubungi kami melalui kotak komentar di akhir artikel. Mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam penulisan atau penjelasan. Akhir kata, sampai jumpa lagi di topik lain yang lebih menarik.

0 comments em “Lagu Iwan Fals | Rekomendasi Lagu Iwan Fals”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini