Warung Bebas

Sunday 12 June 2016

Waspadai Penyakit-Penyakit Akibat High Heels

Perempuan mana yang tidak ingin tampil cantik. Tentu semuanya ingin terlihat menawan dan mempesona. Berbagai upaya dilakukan untuk menutupi kekurangan misalnya menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi agar tubuh terlihat lebih jenjang dan tinggi semampai. Banyak perempuan yang sudah mengetahui bahwa sepatu hak tinggi tidak terlalu nyaman dikenakan tetapi karena itu membuat penampilan mereka tampak anggun, mereka tidak peduli. Padahal, mengenakan high heels tidak hanya membuat perempuan tidak nyaman, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit berikut:

Penyakit-Penyakit-Akibat-High-Heels

1. Osteoartritis

Gangguan ini disebabkan karena tekanan lutut akibat pemakaian sepatu hak tinggi. Gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi menyebabkan inflamasi dan rasa nyeri.

2. Achilles tendinitis

Pada saat menggunakan sepatu atau sandal hak tinggi, tendon Achilles pada kaki akan memendek.  Jika hak tinggi digunakan satu atau dua kali mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi jika digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan penyakit yang disebut Achilles tendinitis atau radang pada tendon Achilles (jaringan ikat di kaki bawah yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit). Pada kondisi ini, otot betis akan menegang saat kaki diregangkan dan tumit akan nyeri serta bengkak saat berjalan.



3. Metatarsalgia

Metatarsalgia atau retak tulang menjadi resiko tersendiri bagi pemakai hak tinggi. Seperti yang umum diketahui, ketika memakai sepatu hak tinggi ada tekanan berlebihan yang menekan telapak kaki bagian atas atau tepat di bawah jari kaki. Rasa sakit  tersebut akan terus berlangsung jika tidak segera ditangani. Bukan hanya itu, dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan retang tulang.

4. Siatika

Siatika yaitu kondisi dimana terjepitnya saraf sehingga menimbulkan nyeri dan mati rasa pada kaki bagian bawah. Ketika memakai high heels, pertambahan beban pada jari-jari kaki menyebabkan tubuh condong ke depan. Tubuh yang condong ke depan ini bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada punggung bagian bawah, pinggul dan lutut.

5. Jari kaki bengkok

Memakai sepatu atau sandal hak tinggi juga akan menyebabkan tekanan terus menerus pada telapak kaki bagian depan. Apalagi yang digunakan adalah high heels yang ujungnya lancip atau yang mempunyai ukuran lebih kecil.  Kelainan jari kaki yang umum terjadi yaitu hammer toes atau kondisi tiga jari kaki paling tengah bengkok dan bunion atau benjolan yang ada pada sendi di pangkal jempol.

Nah selanjutnya, beberapa tips menggunakan sepatu atau sandal high heels agar tetap sehat:

Jangan menggunakan hak yang tingginya melebihi 2-3 cm dan tetap membawa flat shoes atau sandal japit yang dipakai saat istirahat atau perjalanan pulang pergi. Hindari terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi khususnya yang mempunyai ujung lancip.
Seringlah lakukan peregangan setiap hari agar otot betis dan jari-jari kaki menjadi lemas.

0 comments em “Waspadai Penyakit-Penyakit Akibat High Heels”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini