Warung Bebas

Sunday 12 June 2016

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Taukah anda ? Bahwa jika kita terlalu lama ketika duduk dapat menyebabkan tubuh kita tidak sehat. Dan itu semua biasa di lakukan oleh setiap manusia bahkan anak-anak sekalipun, terutama bagi pekerja kantoran, yang harus menyelesaikan pekerjaan nya dengan duduk yang terlalu lama. Dan juga bagi anda yang mempunyai hobi berinterentan baik itu di rumah maupun di warnet. Padahal kita tau bahwa duduk terlalu lama bisa membahayakan untuk kesehatan tubuh kita. Lantas apa saja bahaya duduk terlalu lama ? Mari kita simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai bahaya duduk terlalu lama dan cara mengatasinya.

bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan

Menurut beberapa sumber bahwa bagi mereka yang sering menghabiskan duduk hingga berjam – jam beresiko terkena kanker, jantung, dan diabetes.

Kok Bisa ?

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan berat badan menjadi naik dan beresiko terkena serangan penyakit.

Pada saat anda duduk terlalu lama seharian hal ini akan menyebabkan tingkat kegemukan dan obesitas anda menjadi naik, karena anda hanya membakar 1 kalori setiap menitnya. Dan taukah anda bahwa kegemukan atau obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis yang kapan saja menyerang tubuh kita. Berbagai resiko itu diantaranya penyakit kanker, karena obesitas bisa meningkatkan penolakan terhadap insulin dan peradangan pada tubuh.

Duduk terlalu lama menyebabkan otot-otot tidak aktif.

Otot-otot besar seharusnya bekerja secara maksimal, namun apa jadinya jika kita hanya diam atau menghabiskan waktu hanya dengan duduk-duduk saja, itu berarti otot – otot kita tidak akan bekerja secara maksimal. Ketika dalam kondisi otot kita tidak bergerak dengan maksimal maka dapat menyebabkan kolesterol melonjak dan mengganggu fungsi metabolik lainnya, karena tidak terjadi pembakaran lemak secara baik.

Lalu bagaimana mengatasi hal seperti ini ? Baik, simak beberapa tips untuk mengatasi Bahaya Duduk Terlalu Lama, di bawah ini :

1. Sesuai pembahasan di atas bahwa yang sering duduk terlalu lama itu di karena pekerjaan kantor, langkah baiknya adalah anda harus dapat mengatur gerakan dengan baik seperti istirahat setiap menit, berjalan santai sebentar, dan kurangi fokus mata anda terhadap layar monitor kumputer hal ini berlaku juga bagi anda yang hobi berinternetan. Jangan terlalu fokus dengan layar monitor dan duduk terlalu lama olahraga mata setiap menit ini lebih baik agar mata juga tidak merasa lelah dan anda juga perlu istirahat seperti pergi keluar agar badan anda terasa fresh dan segar.

2. Dan berikutnya adalah olahraga rutin setiap setengah jam setiap harinya, hal ini agar otot persendian kita terasa lebih baik dari pada tidak sama sekali. Olahraga rutin ini bisa anda lakukan dengan jalan santai di pagi hari, lari pagi, senam, yoga dan lain sebaginya. Setidaknya buatlah tubuh anda agar merasa segar bugar, dengan demikian saat anda bekerja pun akan terasa rileks namun tetap perhatikan saat anda duduk terlalu lama, ingat pada poin satu tadi.

0 comments em “Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini