Warung Bebas

Sunday 26 June 2016

3 Tips Aman Berbelanja via Online

kamera nikon D5100Pagi semua pembaca ,. semoga kalian sehat selalu yah,. amin,. pagi ini aku mo berbagi sedikit tips nih untuk temen-temen yang mau berbelanja dengan aman secara online, tips ini khusus untuk kalian selaku buyer / pembeli yah,. Okey, langsung aja nih simak tipsnya :
#1 - Minta data penjual dengan Lengkap

Nah, tentu saja dong kalo kalian mau membeli sesuatu diinternet, kalian harus minta data-data dari penjual dengan jelas, jangan hanya meminta nomor rekeningnya saja, Tapi jangan lupa untuk meminta Nomor kontak, alamat email, alamat rumah penjual. Dan catatlah data-date dari penjual tersebut (data tersebut bisa kita sebarkan / untuk memberitahukan kepada teman-teman lain, jika penjualnya adalah penipu, hehe).

#2 - Jangan Terburu-buru

Yups, jika kalian ingin berbelanja via online, khususnya kalau membeli sesuatu pada penjual dengan blog pribadi / perorangan / via forum, kalian jangan langsung begitu saja percaya, apalagi jika itu akan menjadi transaksi pertama pada penjual tersebut (bukan berarti berburuk sangka lho,. tapi ini bagian dari hati-hati,. hehe,.). Tipsnya adalah, Lakukan browsing, kalian bisa menggunakan bantuan mesin pencari seperti google.com, caranya yaitu, dengan menggunakan data yang kalian dapat di poin pertama tadi untuk melakukan pencarian via google, Misalnya :
Dengan cara mengetikkan nomor HP pada form pencarian google.
Jika tidak ditemukan, cobalah mengetikkan nama & nomor rekening atau data lainnya.
jika data ditemukan, cobalah masuk pada situs yang membahasa data tersebut, bacalah isinya, apakah disana ada review/ulasan yang buruk ? apakah pemilik data tersebut melakukan penipuan atau tidak, bacalah komentar-komentar orang lain yang ada di situs tersebut.
#3 - Pastikan Harga Barang Masuk Akal

Ini nih yang sering menjadi jebakan menggiurkan bagi para pembeli (pemula), setelah membaca artikel Tips aman belanja online ini jangan lagi yah tergiur untuk membeli barang secara online hanya karena harganya jauh lebih murah dibanding yang kalian tau sebelumnya,. Ingat kalau harganya tidak masuk akal alias jauh lebih murah harap berhati-hati, karena besar kemungkinan itu adalah penipuan (kecuali kalian beli secara langsung/ketemuan,. itu silahkan kalian sendiri yang bisa menilai,. hehe.)

...harga yang masuk akal tuh gimana ? Nah, gini nih contohnya, Misal harga sebuah "Camera Nikon" dipasaran pada saat itu Rp.5000.000 dan kalian menemukan penjual online dg memberikan harga hanya Rp. 3000.000, Wow, harga yang fantastis (lebih murah hingga 2juta),. secara logika kalau memang bener 3jt (padahal pasarannya 5jt), dijamin deh tuh barang cepat laku keras meski ga harus jual secara online, penjual tersebut harusnya bisa dengan mudah menjual secara offline pada toko-toko besar, atau bahkan pada individu sekalipun.

Nah, mungkin itu dulu yah sob, tips aman belanja online dari aku,. berdasarkan pengalamanku di dunia online. Oya, selain tiga tips diatas, mungkin kalian bisa tanya terlebih dahulu (minta pendapat) kepada teman-teman yang sudah lebih mengerti di dunia online, ketika ingin berbelanja sesuatu secara online.

1 comments:

  • 4 September 2016 at 15:36

    llike it

    delete

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini