Warung Bebas

Sunday 26 June 2016

Dampak Positif Internet | Kumpulan 6 Dampak Positif Internet

Dampak Positif InternetDewasa ini Dampak Positif Internet dan internet seakan sudah menjadi gaya hidup. Bagaimana dengan anda? Bagi masyarakat perkotaan khususnya, internet sudah menjadi kebutuhan seakan makanan, dan tanpa internet rasanya seperti mati lampu, bingung mau berbuat apa. Mengingat banyaknya hal yang bisa dilakukan dengan internet, seperti mencari informasi, menjalin komunikasi dengan kerabat, berbisnis, hingga bermain game, rasanya wajar saja bila internet sudah menjadi bagian hidup dari seseorang. Namun, selain segala fungsinya, apakah internet memiliki dampak positif bagi pribadi seseorang? Jawabannya: Ya. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari internet.

Dampak Positif Internet

1. Rajin Membaca
Internet merupakan dunia maya yang penuh dengan informasi. Dampak Positif Internet baik informasi yang memang anda butuhkan untuk pekerjaan, atau sekedar untuk mencari hiburan, dan bisa berupa artikel atau video. Sadar atau tidak, anda telah menjadi orang yang lebih sering membaca karena internet. Rajin membaca dapat melatih otak untuk berpikir lebih baik dan meningkatkan konsentrasi. Apabila berita atau artikel yang anda baca berbahasa asing, tentu saja anda juga dapat melatih kemampuan berbahasa asing anda sekaligus.

2. Berwawasan Luas
Hal ini sebenarnya berhubungan dengan rajin membaca. Apabila anda mengunjungi salah satu situs informasi, mungkin anda akan kaget apabila melihat banyaknya topik yang dibahas oleh situs tersebut.  Dampak Positif Internet Mulai dari politik, kesehatan, film, musik, hingga informasi regional seperti khusus daerah Jawa Barat pun tersedia. Menggunakan internet untuk mengakses situs-situs informasi seperti ini akan menambah wawasan anda. Menjadi seseorang dengan wawasan yang luas tidak pernah menjadi hal yang buruk, bahkan anda bisa menjadi terlibat dalam setiap pembicaraan dan menjadi mudah bergaul.

Dampak Positif Internet
Dampak Positif Internet
3. Berpikiran Terbuka
Selain sebagai sumber informasi, internet juga dapat digunakan untuk bersosialisasi. Situs jejaring sosial kini sudah menjamur, berbagai macam situs dengan kelebihannya masing-masing dapat anda gunakan secara bebas. Namun tak sedikit orang yang menggunakan situs jejaring sosial sebagai media untuk berekspresi, seperti publik-publik figur yang mencoba untuk menjadi pusat perhatian dengan memberikan komentar-komentar yang kontroversial di jejaring sosial mengenai isu-isu tertentu, yang tentu saja bisa dibaca siapa saja. Suka atau tidak, orang-orang seperti ini, beserta komentar yang dilontarkan, bisa membuat hidup anda menjadi lebih berwarna.

4. Mengendalikan Diri
Apabila anda merupakan orang yang suka memberikan komentar baik di comment section pada sebuah berita atau anda merupakan seorang yang aktif dalam online forum, pasti anda pernah melihat beberapa komen yang bersifat ofensif, apalagi terkait topik-topik tertentu dan sensitif, seperti agama misalnya. Apabila anda tersinggung setelah membaca komen tersebut, ingatlah bahwa orang tersebut berani berkata demikian karena ia merasa tidak mungkin diketahui siapa dia sebenarnya. Walau sebenarnya bisa saja anda cari tahu, namun usaha anda hanya akan membuang-buang waktu. Belajarlah untuk tidak terpancing hal-hal seperti itu, apabila anda ingin membalas komentar orang tidak bertanggung jawab tersebut, bersikaplah sopan, tunjukkan bahwa anda memang berada diatas orang tersebut.

5. Belajar Menghargai
Kebebasan berekspresi memang benar-benar digunakan oleh para pengguna internet. Semua orang diberi kebebasan yang sama. Tidak semua orang bisa sependapat. Karena itu, membiarkan orang lain berpendapat sesuai yang apa yang mereka yakini akan membantu anda untuk lebih menghargai pendapat orang lain. Hargailah orang lain apabila anda ingin dihargai.

6. Meningkatkan Kesadaran Diri
Yang tidak disadar kebanyakan pengguna internet adalah setiap tindakan negatif yang mereka lakukan  merupakan cerminan diri mereka sendiri. Banyak yang bisa anda ambil dari apa yang anda baca, lihat dan dengar di internet. Dan bersikap dewasalah saat menggunakan internet, agar internet dapat membawa kebaikan pula bagi anda. Memperhatikan hal-hal kecil akan membuat anda siap untuk menghadapi hal yang besar. Maka dari itu, sejak saat ini anggaplah internet juga sebagai wadah untuk terus berintrospeksi dan memperbaiki diri.

Dampak Positif Internet  merupakan bagian dari evolusi teknologi, dan tentu saja saat diciptakan, tujuannya untuk sesuatu yang positif. Kini internet dapat diakses hampir dimana saja, dan dengan segala fungsinya, internet dapat membuka kesempatan-kesempatan baru bagi penggunanya. Dan dengan dampak positif yang diberikan internet, maka internet akan semakin berperan penting dalam kehidupan penggunanya.

0 comments em “Dampak Positif Internet | Kumpulan 6 Dampak Positif Internet”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini