Warung Bebas

Tuesday 21 June 2016

Cara Duduk yang Benar dalam Bekerja




Cara Duduk yang Benar dalam Bekerja dikantor

Jika Anda bekerja di kantor dan menggunakan komputer, Anda dapat menghindari cedera dengan duduk di posisi yang tepat dan mengatur meja Anda agar anda mendapatkan cara duduk yang benar dalam bekerja, karena jika anda salah dalam duduk dan posisi anda salah akan berakibat pada kesehatan anda, terutama posisi tulang dan otot anda.

Dukung punggung Anda

Cara duduk yang benar dalam bekerja adalah usahakan untuk menghindari diri anda dari sakit punggung dengan menyesuaikan kursi Anda sehingga punggung bawah Anda didukung dengan benar. Sebuah kursi disesuaikan dengan benar akan mengurangi tekanan pada punggung Anda. Lakukan hal yang mudah dalam mengatur posisi kursi anda agar dapat disesuaikan tingginya, kemiringan dan posisi belakang kursinya. Usahakan agar lutut sejajar dengan pinggang Anda. Dan pastinya harus ada pijakan untuk kaki anda.

Sesuaikan kursi Anda

Sesuaikan ketinggian kursi Anda sehingga Anda dapat menggunakan keyboard dengan posisi pergelangan tangan dan lengan lurus dan sejajar dengan lantai. Hal ini dapat membantu mencegah cedera regangan berulang . Siku Anda harus berada pada sisi tubuh Anda sehingga lengan membentuk huruf-L pada sendi siku.

Istirahatkan kaki Anda di lantai

Kaki Anda harus berpijak pada lantai atau telapak kaki anda sama rata dengan lantai, setidaknya anda dapat memiliki pijakan kaki, yang memungkinkan kaki anda beristirahat dengan nyaman, dan jangan menggantungkan kaki anda, jangan menyilangkan kaki Anda, karena hal ini dapat menyebabkan masalah yang berkaitan dengan postur tulang pada tubuh anda.

Tempatkan layar monitor sejajar mata anda

Layar Anda harus langsung berada tepat di depan Anda. Jarak penempatan monitor yang baik adalah sepanjang lengan anda jauhnya, dengan bagian atas layar kira-kira berada pada tingkat mata anda. Jika layar terlalu tinggi atau terlalu rendah, Anda harus menekuk leher Anda, yang dapat menjadi tidak nyaman.

Menggunakan keyboard dan mouse

Tempatkan keyboard Anda di depan Anda saat mengetik. Beri jarak sekitar empat sampai enam inci (100mm-150mm) di depan meja untuk mengistirahatkan pergelangan tangan anda ketika berhenti mengetik dan memulai lagi. Pergelangan tangan Anda harus lurus saat menggunakan keyboard. Jaga siku vertikal di bawah bahu dan sisi anda. Beberapa orang suka menggunakan waktu luang untuk mengistirahatkan pergelangan tangannya untuk menjaga pergelangan tangan mereka agar tetap sehat.

Posisikan dan gunakan mouse sedekat mungkin dengan Anda. Sebuah mouse pad dengan penahan pergelangan tangan dapat membantu untuk menjaga pergelangan tangan Anda tetap lurus dan menghindari canggung lentur. Jika anda lebih sering menggunakan mouse, geser agak sedikit ke satu sisi keyboard anda.

Hindari refleksi layar monitor



Layar anda harus bebas dari silau sebaik mungkin. Jika ada silau pada layar Anda, gunakan selayaknya cermin di depan anda untuk mengidentifikasi penyebab datangnya silau tersebut. Posisikan monitor sebaik mungkin untuk menghindari refleksi dari pencahayaan yang berlebihan dan sinar matahari. Jika perlu, tarik tirai di jendela dan mengganti pencahayaan langit-langit dengan lampu meja. Atau mengatur ulang tingkat kecerahan layar atau kontras dari computer atau laptop anda.

Menggunakan Kacamata

Orang dengan kacamata bifocal mungkin menemukan mereka kurang ideal untuk kerja komputer. Sangat penting untuk dapat melihat layar dengan mudah tanpa harus menaikkan atau menurunkan kepala Anda. Jika Anda tidak dapat bekerja dengan nyaman bila menggunakan kacamata, anda mungkin perlu mencari jenis kacamata yang sesuai dengan mata anda. Konsultasikan kacamata pada dokter mata anda jika anda merasa ragu-ragu.

Membuat peralatan kantor dapat diakses

Posisi yang sering digunakan benda, seperti telepon atau stapler, mudah dijangkau. Hindari berulang kali peregangan atau memutar untuk mencapai sesuatu.

Hindari Ketegangan saat bertelepon

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di telepon, cobalah untuk menggantikannya dengan headset atau handfree yang tersambung dengan ponsel andat. Karena dengan seringnya anda memegang handphone dan bahkan mengapitnya antara bahu ke telinga anda secara sering dan berulang, hal ini dapat mengakibatkan bahu anda jadi sakit dan dapt mengakibatkan permasalahan pada telinga dan bahu, serta otot-otot di leher Anda.

Setelah anda membaca artikel tentang bagaimana cara duduk yang benar dalam bekerja, anda pasti akan membenarkan posisi duduk anda dengan baik dan benar, sehingga tulang anda tetap baik dan sehat menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit tulang karena kesalahan posisi dalam duduk. Selain itu agar anda tetap sehat dalam bekerja lakukanlah beberapa aktivitas dengan menggerakkan setiap tubuh anda, jadi anda tidak akan kaku hanya dengan banyak duduk dalam bekerja. Tetap sehat ya untuk kita semua dalam bekerja.

0 comments em “Cara Duduk yang Benar dalam Bekerja”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini