Warung Bebas

Tuesday 21 June 2016

Fakta Yang Menarik Tentang Kekebalan Tubuh

Seperti yang di ketahui kekebalan tubuh merupakan salah satu sistem kompleks yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kekebalan tubuh yang kuat akan membuat tubuh terlindung dan tetap sehat. Meski begitu, seringkali sistem kekebalan tubuh dipenuhi dengan mitos dan fakta yang tak benar. Masih banyak fakta mengenai kekebalan tubuh yang tak diketahui oleh orang. Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar sistem kekebalan tubuh yang perlu Anda ketahui,

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di Wilkes University, Pennsylvania menemukan bahwa melakukan hubungan seksual bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena melakukan hubungan seks bisa meningkatkan suplai IGA, protein dalam sistem kekebalan tubuh yang menangkal zat patogen agar tak bisa masuk ke dalam tubuh.


 konsep Peta kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bisa menurun atau meningkat hanya karena hal yang dianggap remeh yaitu emosi seperti rasa sedih dan senang atau pikiran positif. Sebuah penelitian di State University of New York menemukan bahwa merasa sedih bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kejadian positif yang dialami juga akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, karena dari pikiran dan kejadian positif akan merangsang otak untuk tetap kuat, oleh sebab itu jika kita mengalami kesedihan jangan sampai berlarut-larut. Usahakan agar di setiap pekerjaan dan aktivitas kita bisa memisahkan emosi kita, jauhkan kesedihan dan datangkan kebahagian (think positif).

Sup ayam diketahui sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, seringkali orang zaman dulu menyarankan untuk mengonsumsi sup ayam ketika sakit flu. Ternyata mitos ini telah didukung secara ilmiah. Peneliti menemukan bahwa daging ayam dan sayuran dalam sup ayam ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya membantu menyembuhkan flu. Cobalah konsumsi sup ayam ketika anda sedang flu.

Saat ini banyak sabun atau gel antibakteri yang dijual di pasaran. Jika Anda berpikir bahwa segala macam sabun antibakteri itu bisa melindungi tubuh Anda dari bakteri dan kuman, Anda salah. Penelitian mengungkap bahwa terlalu sering mencuci tangan dengan sabun justru mengurangi minyak alami kulit yang menjadi pertahanan pertama sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, terlalu sering mencuci tangan justru akan membuka pintu bagi kuman-kuman untuk masuk ke dalam tubuh.

immune sistem

Stres, siapa yang tidak pernah merasakan kondisi seperti ini ketika sedang bekerja. Sistem kekebalan tubuh bisa dipengaruhi oleh hal yang dianggap tak berkaitan sama sekali, Stres bisa merusak kekebalan tubuh dalam banyak cara. Sistem kekebalan tubuh tak hanya dipengaruhi oleh kesehatan fisik, tetapi juga mental. Untuk itu, menjaga pikiran tetap tenang sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, terutama menjaga kekuatan sistem imun. Usahakan agar tetap bisa mengendalikan diri kita ketika sedang menghadapi masalah, karena tidak ada masalah yang tidak bisa di pecahkan.

Itulah beberapa fakta menarik seputar kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kesehatan mental dan pikiran. Dengan mengetahui fakta di atas, Anda semakin mengenali sistem kekebalan tubuh yang menjaga Anda dari berbagai penyakit.

0 comments em “Fakta Yang Menarik Tentang Kekebalan Tubuh”

Post a Comment

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini